Langsung ke konten utama

Kenapa Aku masuk PERTANIAN ?



Assalamualaikum..

Sebagai intro aku mau tanya nih sama readers…

      Kalian sebagai mahasiswa khususnya mahasiswa pertanian pernah dengerkan orang bicara “Ngapain masuk pertanian? mau jadi petani gitu nyangkul-nyangkul disawah ? panas panas, kusem, udah gitu hidup nggak makmur ”, pasti banyak banget manusia manusia yang ngomongin mahasiswa pertanian kayak gitu, suka mangekel nggak sih dengerin orang bicara kayak gitu .(jahat ih masak manusia manusia bahasanya) biarin. -_-

      Yaaa walaupun emang sebagian besar petani di Indonesia hidupnya rata rata masih mendominasi tingkatan profesi dengan ekonomi terendah. Saya sendiri mahasiswa pertanian nggak menyalahkan mereka yang bilang begitu karena memang faktanya petani di Indonesia standar hidupnya dibawah standar.

                                                   Terus kalo udah tau ngapain masuk PERTANIAN ?

      Sekilas cerita nih ya dari aku sendiri , fix nggak boong real nyata no fake fake (dih alay) hehe nggak nggak bcanda , tapi ini cerita dari pengalaman aku sendiri .

      Dulu waktu aku masih SMP kelas 3 kalo nggak salah , aku pernah diceritain nenek aku kalo jadi petani itu sasah, jangan sampe kamu jadi petani ya nduk jadi petani itu nggak enak, keluar modal banyak depetnya juga nggak seberapa, belum bayarin ini itu, terus mepe gabah (mengeringkan gabah) . pokoknya waktu itu aku juga sedih dengerinya sampe berkaca kaca aslinya (nangisan) ancen :’( , dan emang nyatanya jadi petani di Indonesia itu susah rekk, karena profesi sabagai seorang petani di Indonesia belum dihargai.

      Terus waktu aku SMA kelas 1 aku pernah buat future planning di buku, kalian tau nggak ? aku secara nggak sadar nulis kalo nantinya mau kuliah di Institus Pertanian Bogor jurusan biokimia terus nantinya mau buat usaha pertanian sendiri kecil kecilan dijual sendiri, kalau udah cukup biaya buat yang lebih besar dan rekrut pekerja sendiri, kalau udah sukses dan usahanya tambah gede bisa nyekolahin anak anaknya pekerja sampe lulus kuliah dan mereka bisa kerja bantu bisnis aku dalam dunia pertanian , aku aja sampe nggak nyangka bisa nulis planning kayak gitu.

      Dan waktu kelas 2 SMA , temen temen lihat buku aku dan mereka baca baca isinya jadi tau deh, terus mereka bilang “bagus banget planning kamu, semoga berhasil yaaa ini mulia banget :’)” aku terhura tau dengernya , secara nggak langsung mereka ngedukung dan doain aku biar cita cita aku tercapai, aamin. Dulu akukan juga anggota extra pecinta alam waktu sma jadi suka sama bau bau nature (songong kan ! NGGAK BOLEH)iya iya maaf  -_- .  tapi rasanya bersyukur dulu bisa ikut ekstra pecinta alam banyak faedahnya.

      Eh udah kelas 3 sma bingung mau masuk jurusan apa , orang tua pengennya ini itu kitanya pengen yang gini , pusing deh kelas 3 sma itu. Dulu semuanya udah terplenning dengan rapi eh malang keraguan itu muncul ditenggah tengah, mikir ulang lagi deh. Dan akhirnya aku masuk Fakultas Pertanian jurusan Agroteknologi , mungkin karena Doa aku dan temen temen aku yang diijabah sama Allah ini ya, Alhamdulillah.. J

      Jadi kenapa aku masuk pertanian , itu karena dari awal aku pengan petani itu nggak diangap rendah lagi, terus kita tau Indonesia itu Negara agraris masa beras aja import harusnya kita yang eksport dong malu maluin, terus zaman kan semakin maju terus pertanian di Indonesia masih konvensional dan belum banyak sentuhan teknologi didalamnya jadi belum maksimal kerjanya, pengen buat alat yang murah dan efisien buat pak tani dan bu tani.

      Dan bidang pertanian itu luas , jangan dikerjain sendiri berat , banyak orang orang diluar sana yang memanfaatkan ketidak pintaran petani yang dianggap bodoh dan gampang ditipu, pokoknya generasi aku nanti nggak ada petani yang miskin dan harus bisa jadi petani berdasi.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Struktur Teks Ulasan Film “Jendral Sudirman”

“Struktur Teks Ulasan Film “Jendral Sudirman” Orientasi Tentang film Film Jendral Sudirman ini menceritakan tentang begaimana paglima TNI Republik Indonesia yaitu Jendral Sudirman mempertahankan NKRI , karena belanda pada saat itu mengingkari perjanjian Renville, sehingga terjadi Agresi Militer II . Jendral Sudirman diberi wewenang oleh   presiden indonesia yaitu   Ir. Soekarno untuk memimpin perang Gerilya Semesta bersama dengan pasukannya . Tokoh :    Pemeran utama dalam film Jendral Sudirman Adalah Adipati Dolken   Wakil Jendral Sudirman Adalah   Ibnu Jamil Pemeran Soekarno Yaitu Baim Wong Bung Hatta Ialah Nughie Akting nya dalam berperang cukup bagus tapi masih kurang   menghayati . Setting Dalam adegan film “Jendral Sudirman “ banyak mengambil seting tempat yang cukup banyak   ,yaitu : Istana Kepresidenan :   Jendral Sudirman berangkat ke menemui Ir Soekarno dan Bung Hatta   . Rumah Jendral S

Kuliah

KULI AH Assalamualaikum Wr.Wb       Hay man temann  Disini aku mau cerita tentang masa masa aku cari tempat kuliah , sumpah itu tragis banget gilaa..       Dari selesai lulus UN sampe sekarang gimana ceritanya ngelaluin masa masa sulit sampe sampe berat badan jadi turun 8 kilo :’)       Jadi aku dulu itu nggak masuk 50% siswa yang masuk jalur SNMPTN (Undangan), sumpah itu aslinya sedih banget cuy , malu sama orang tua sama temen temen sama keluarga , pokonya malu banget . Disaat banyak sahabat dan temen temen aku masuk aku sendiri nggak masuk , ituu rasanya ngenes lo dan berusaha sok tegar bodo amat gitu :’) , tapi yang malu itu sama orang tua dan keluarga :’) , berasa nggak berguana tau nggak, ngebanggain orang tua juga belum pernah eh ini malah disekolahin mahal mahal nggak keterima jalur undangan yang paling dipengennin , sedih banget rasanya.       Tapi aku nggak terus terusan ngerasa sedih ya , sedih boleh tapi nggak terus menerus . waktu selesai lihat pengumuman